Volunteer

PILIHAN WISATA PANTAI DI INDONESIA

Indonesia memang dikenal sebagai negara yang kaya dengan wisata pantai yang luar biasa indahnya. Dengan lebih dari 17.000 pulau, Indonesia menawarkan berbagai pantai yang mempesona, mulai dari yang ramai dan terkenal hingga pantai-pantai tersembunyi yang jarang dijamah oleh wisatawan. Beberapa kawasan, seperti Raja Ampat dan Taman Nasional Komodo, juga menjadi fokus pengembangan pariwisata berkelanjutan untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan alam sekitarnya.

Pulau Pahawang Pulau Pahawang berada di dekat Pulau Kelagian. Lokasinya di mulut Teluk Ratai, yang juga menjadi bagian dari Teluk Lampung yang lebih besar.Kalau ditarik garis lurus dari pusat Kota Bandar Lampung berjarak kurang lebih 30 kilometer. Yang ditawarkan Pulau Pahawang adalah keindahan pantai dan bawah lautnya. Pulau ini memiliki banyak pantai bepasir putih di bagian utara, timur, dan selatan.Sebagian lagi berupa pantai dengan hamparan hutan mangrove yang lebat. Ada berbagai jenis biota laut yang sering ditemukan. Yang sering menjadi daya tarik adalah ikan clownfish atau ikan badut. Ada beberapa spesies ikan badut dengan berbagai ukuran dan warna.Kalau beruntung, wisatawan bisa berjumpa dengan penyu dan pari bintik biru. Dan di beberapa spot terkadang dijumpai belut laut dan ular laut.

Kepulauan Derawan Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung (dugong), ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya. Sama seperti Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban juga merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Daya tarik utama di pulau ini adalah danau air payau yang berada di bagian tengah pulau dan dikelilingi hutan yang cukup lebat. Di dalam danau tersebut ada banyak sekali ubur-ubur yang sudah mengalami proses evolusi sehingga kehilangan kemampuan menyengatnya.

Pulau Dodola Pulau Dodola adalah pulau yang wajib dikunjungi wisatawan saat di Morotai, Maluku Utara. Pulau ini sangat mempesona hingga Pemerintah daerah setempat menyebutkan Pulau Dodola sebagai mutiara di bibir pasifik. Pulau Dodola terdapat Dodola Besar dan Dodola Kecil yang jaraknya sekitar 500 meter. Keunikannya Dodola besar dan Dodola kecil menyatu saat air pasang dan terpisah saat air surut. Waktu rentang air surut di lokasi ini cukup lama, yakni antara pukul 10.30 hingga 19.00 waktu setempat.

Pantai Ngurtafur Pantai Ngurtafur berada di wilayah Pulau Woha yang merupakan bagian dari Kepulauan Kei, Kabupaten Maluku Tenggara. Pantai Ngurtafur memiliki hamparan pasir yang menjorok, timbul, dan memanjang ke tengah lautan tanpa putus. Panjangnya bahkan mencapai 2,5 kilometer dengan lebar 7 meter. Saat air surut, pengunjung bisa berjalan kaki di sekitar pantai. Namun, saat air pasang, pengunjung bisa menyewa perahu dan menelusuri keindahan wisata air di sekitar. Pada saat-saat tertentu, wisatawan akan melihat keindahan kawanan burung pelikan di Pantai Ngurtafur. Tempat ini memang merupakan habitat burung pelikan yang sedang bermigrasi dari Australia ke Maluku. Saat memasuki musim dingin, burung pelikan memang biasanya akan terbang bermigrasi ke belahan bumi utara untuk mencari makan. Hal lain yang menyebabkan migrasinya burung ini adalah karena burung yang juga dikenal dengan sebutan undan kacamata ini biasanya hidup di wilayah hangat.

Kepulauan Raja Ampat Kepulauan Raja Ampat adalah gugusan kepulauan yang berlokasi di barat bagian Semenanjung Kepala Burung Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat dan Kota Sorong, Provinsi Papua Barat Daya. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta. Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan, mungkin juga diakui sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah air pada saat ini.

Artikel

Artikel Terbaru