Nasi

PILIHAN MINUMAN SEHAT UNTUK BERBUKA

Berbuka puasa adalah momen penting bagi umat Muslim untuk mengakhiri hari puasa dengan cara yang baik dan sehat. Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah konsumsi minuman yang tepat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa seharian. Dalam memilih minuman untuk berbuka puasa, pastikan untuk memilih minuman yang tidak terlalu manis dan mengandung nutrisi yang seimbang.

Es Kopyor Es kopyor merupakan sajian es yang dibuat dari kelapa kopyor, sejenis kelapa yang memiliki daging buah sangat lunak dengan air lebih sedikit dan aroma kelapa yang khas. Es kopyor akan terasa nikmat jika disajikan sebagai hidangan berbuka puasa. Kandungan ion dalam air kelapa akan mengembalikan cairan tubuh sehingga kembali bugar.

Es Dawet atau Cendol Es Dawet atau Cendol memiliki kemiripan yaitu sama-sama terbuat dari tepung beras atau beras ketan yang disajikan bersama es parut, gula merah, dan santan kelapa. Rasa es dawet atau cendol yang manis akan mengembalikan kadar gula darah tubuh sehingga akan kembali bertenaga setelah seharian berpuasa.

Es Pisang Ijo Es pisang ijo adalah minuman tradisional khas dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Es pisang ijo berupa sajian minuman yang terdiri dari pisang yang berbalut adonan tepung berwarna hijau, disajikan bersama sirup, sagu mutiara, dan bubur sumsum. Es pisang ijo kaya karbohidrat sehingga cocok untuk takjil berbuka puasa karena akan mengganjal sedikit rasa lapar.

Teh Talua Teh Talua merupakan minuman tradisional yang bisa disajikan untuk berbuka puasa atau sebagai minuman hangat di pagi hari. Minuman ini kaya akan nutrisi dan energi, karena mengandung protein dari telur serta kafein dan antioksidan dari teh hitam.

Wedang Ronde Wedang ronde termasuk jenis minuman herba tradisional. Yang terdapat dalam minuman ini adalah bahan berbentuk bola yang terbuat dari kacang-kacangan dan tepung beras dalam air panas yang terbuat dari jahe. Wedang Ronde merupakan minuman yang kaya akan nutrisi, terutama dari kacang hijau yang mengandung protein dan serat.

Artikel

Artikel Terbaru