Resolusi

PILIHAN JAMU YANG POPULER DI INDONESIA

Setiap tanggal 27 Mei di Indonesia dirayakan sebagai Hari Jamu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya jamu dalam budaya dan kesehatan Indonesia serta untuk mendukung industri jamu lokal. Perayaan ini juga bertujuan untuk melestarikan pengetahuan tradisional yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Jamu adalah ramuan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti akar, kulit kayu, bunga, biji, daun, dan buah-buahan yang telah digunakan selama berabad-abad untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai penyakit. Ada beberapa jenis jamu populer yang bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi:

Jamu Kunyit Asam Kunyit, Kunir atau Termeric, terbukti berkhasiat untuk mengobati nyeri dan anti inflamasi (peradangan). Di Asia Selatan, kunyit sudah digunakan lebih dari 4000 tahun sebagai obat terbaik untuk mengatasi nyeri terutama karena inflamasi. Studi menyebutkan bahwa kandungan Curcumin yang ditemukan dalam kunyit dapat meredakan nyeri pada artritis lebih baik dari obat anti inflamasi Natrium Diclofenac, dan sama efektifnya dengan obat Ibuprofen. Selain untuk obat anti inflamasi, kunyit juga dipercaya untuk mengurangi nyeri menstruasi, tekanan darah tinggi hingga menurunkan berat badan. Biasanya kunyit dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat jamu. Bahan utama yang digunakan meliputi buah asam ditambah kunyit, kadang-kadang ada yang dicampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, kedawung, dan air jeruk lemon. Gula merah dicampur dengan gula putih dan sedikit garam digunakan sebagai pemanis. Orang jawa menyebut jamu ini sebagai ‘adem-ademan’ atau ‘seger-segeran’, yang dipercaya untuk menyegarkan tubuh, mengatasi nyeri tenggorokan, mendinginkan perut dan mempercepat menstruasi. Juga untuk menurunkan tekanan darah dan mengatasi konstipasi.

Jamu Beras Kencur Beras kencur dipercaya berkhasiat agar tubuh terhindar dari rasa sakit dan nyeri yang biasanya timbul setelah bekerja terlalu keras. Selain itu, ada banyak pendapat bahwa ramuan ini dapat merangsang nafsu makan, sehingga nafsu makan meningkat dan tubuh menjadi lebih sehat. Bahan baku beras kencur adalah beras dan kencur. Bahan lainnya yaitu biasanya dicampur adalah kedawung, jahe, kapulogo, asam kawak, temukunci, kayu keningar, kunyit, kapur, dan pala. Sebagai pemanis digunakan coklat gula pasir dan gula putih. Jamu herbal ini diantara jamu lainnya menjadi salah satu favorit masyarakat Indonesia selain karena manfaatnya pada kesehatan juga rasanya yang segar dan enak. Kencur, juga dikenal sebagai jahe aromatik atau jahe pasir, kaya akan seng dan mineral lainnya, dan umum digunakan diberbagai masakan tradisional dan resep obat di seluruh Asia. Dikombinasikan dengan beras dan rempah-rempah lainnya, minuman herbal ini dipercaya dapat membantu penurunan kolesterol, peradangan, dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

Jamu Cabe Puyang Cabai Jawa atau yang lebih dikenal dengan cabai Puyang/Lempuyang merupakan salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu di masakan tradisional. Biasanya ramuan jamu puyang ini digunakan masyarakat sebagai obat mengatasi kelelahan dan kekakuan, mencegah masuk angin, meningkatkan energi, mengurangi perut kembung, mengatasi beri-beri, reumatik, tekanan darah rendah, kolera, influenza, sakit kepala, lemah syahwat, bronkitis, dan sesak napas dll. Jamu ini diketahui mengandung tinggi zat besi dan nutrisi lainnya yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak sel darah merah dan mencegah anemia. Untuk membuat jamu ini bahan yang dipakai meliputi puyang ditambah dengan bahan lain seperti temuireng, temulawak, jahe, kudu, adas, pulosari, kunyit, merica, kedawung, keningar, asam jawa, dan temukunci. Sebagai pemanis digunakan gula merah, gula putih dan garam. Jika ingin membuat sendiri, Anda bisa menumbuk atau memotong cabai, atau mengeringkannya terlebih dahulu, lalu direbus dengan air. Tambahkan madu atau gula aren secukupnya sesuai selera.

Jamu Temulawak Temulawak atau jahe jawa merupakan rempah-rempah asli Indonesia dan selama berabad-abad telah dimanfaatkan sebagai pengobatan berbagai masalah kesehatan. Khasiat yang paling sering disebutkan adalah dipercaya bisa meredakan mual, pusing, gejala pilek, dan pada anak-anak disebutkan dapat meningkatkan nafsu makan. Biasanya orang membuat jamu temulawak dari campuran rimpang temulawak, seringkali ditambah kencur, asem kawak tanpa biji, gula aren, daun pandan segar, dan jinten

Jamu Galian Singset Minuman herbal ini memiliki salah satu kata yang paling didambakan dalam namanya: 'singset' berarti langsing atau ramping. Dan efek itulah yang membuat resep tradisional ini begitu populer, terutama di kalangan wanita. Sebagian besar masyarakat juga mengungkapkan manfaat lain seperti kulit yang lebih baik, aroma tubuh yang harum, dan organ kewanitaan yang lebih kencang. Resep ini menggunakan temulawak, jahe, kunyit, serai, dan kayu manis, dicampur asam jawa, ketumbar, dan merica, semuanya dihaluskan dan direbus.

Hari Jamu Nasional bukan hanya perayaan warisan budaya, tetapi juga pengingat akan pentingnya kesehatan alami dan berkelanjutan. Dengan merayakan Hari Jamu Nasional, masyarakat Indonesia tidak hanya menghormati tradisi leluhur tetapi juga berkontribusi pada pelestarian pengetahuan tradisional dan mendukung ekonomi lokal.

Artikel

Artikel Terbaru