Makanan

PILIHAN TEMPAT WISATA DI JEPARA

Jepara menawarkan destinasi wisata yang lengkap. Daerah ini kaya dengan destinasi alam, baik pantai maupun perbukitan. Selain itu juga ada wisata budaya dan sejarah yang penuh nilai edukasi dan tidak kalah menarik

Museum RA Kartini Museum R. A. Kartini Jepara merupakan museum umum yang didirikan untuk mengenang jasa-jasa R.A. Kartini sebagai perintis emansipasi wanita Indonesia. Untuk mengenang jasa, pengabdian, dan perjuangannya, maka pada 1975 Pemerintah Daerah Tingkat II Jepara mendirikan sebuah museum. Museum ini memamerkan benda-benda peninggalan R.A. Kartini semasa hidupnya, benda peninggalan kakaknya yaitu RMP Sosrokartono serta benda-benda kuno hasil temuan di wilayah Kabupaten Jepara. Museum ini termasuk museum umum sekaligus objek wisata sejarah maupun edukasi yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara.

Benteng Portugis Benteng Portugis terletak sekitar 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara. Untuk mencapainya tersedia sarana jalan aspal berbatu dan hanya dapat dicapai menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan tidak ada rute transportasi umum ke situs sejarah ini. Dilihat dari sisi geografis benteng ini tampak sangat strategis untuk kepentingan militer khususnya zaman dahulu yang kemampuan tembakan meriamnya terbatas hanya 2 sampai 3 km saja. Benteng ini dibangun di atas sebuah bukit batu di pinggir laut dan persis di depannya terhampar Pulau Mondoliko, sehingga praktis selat yang ada di depan benteng ini berada di bawah kendali meriam Benteng.

Kelenteng Hian Thian Siang Tee Kelenteng Hian Thian Siang Tee selama ini disebut-sebut sebagai salah satu kelenteng yang tertua di Indonesia. Kelenteng ini dibangun oleh tokoh pengobatan dari Tiongkok bernama Tan Siang Hoe bersama dengan kakaknya bernama Tan Siang Djie. Terdapat dua kelenteng disana, Kelenteng Dewa Langit dan Kelenteng Dewa Bumi. Kelenteng Dewa langit merupakan daerah perdagangan di daerah sekitar pada masa dahulu. Sedangkan Kelenteng Dewa Bumi daerah hasil bumi.

Taman Nasional Karimunjawa Taman Nasional Karimunjawa merupakan tempat konservasi ekosistem di Kepulauan Karimunjawa. Taman nasional ini terletak di utara Pulau Jawa, dan secara administrasi masuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pengelolaan Taman Nasional Karimunjawa terdiri dari tiga zona, yaitu zona inti, zona perlindungan, dan zona pemanfaatan. Selayaknya taman nasional lainnya, kawasan Taman Nasional Karimunjawa juga cocok menjadi destinasi wisata edukatif masyarakat. Di kawasan ini terdapat potensi wisata, seperti snorkeling, berkunjung ke pulau-pulau yang ada, tracking, dan sebagainya. Salah satu tempat wisata di Taman Nasional Karimunjawa adalah keindahan suasana alam pantai yang tersebar di beberapa pulau.

Danau Blingoh Danau Blingoh adalah danau di Jepara yang menarik untuk dikunjungi karena danau memiliki keindahan alam yang ditunjukkan dengan adanya pemandangan hutan dan bukit yang hijau di sekitar damau. Untuk menuju Danau Blingoh membutuhkan waktu sekitar satu jam[1] dari pusat kota Jepara. Sebaiknya mengunjungi Danau Blingoh saat ketika musim penghujan, karena ketika musim kemarau Danau Blingoh airnya sedikit bahkan kering. Danau ini sebenarnya adalah bekas galian penambangan liar batu putih. Tetapi sisa tambang yang di hasilkan ini membuat pemandangan alamnya sangat mempesona.

Artikel

Artikel Terbaru