Nasi

PILIHAN BERBAGAI OLAHAN NASI DI INDONESIA

Indonesia tidak hanya kaya akan keindahan alam dan keanekaragaman budaya, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Mayoritas masyarakat Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok. Berbagai olahan nasi di Indonesia mencerminkan kekreatifan dan keberagaman dalam pengolahan bahan makanan yang sederhana menjadi hidangan lezat dan unik. Berikut sajian olahan nasi khas Indonesia dari berbagai daerah yang bisa Anda nikmati.

Nasi Uduk Nasi uduk adalah hidangan yang dibuat dari nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Hidangan Betawi yang populer ini adalah hidangan persilangan dua budaya Melayu dan Jawa. Nasi uduk biasa dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar atau telur goreng yang diiris, abon kering, tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun, serta sambal kacang.

Nasi Liwet Nasi liwet adalah hidangan tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Hidangan ini dilengkapi dengan lauk pauk, seperti ayam kampung dan ikan asin. Nasi liwet biasanya dimasak dengan tambahan bumbu, santan kelapa, dan berbagai rempah. Contohnya seperti bawang merah, bawang putih, sereh, laos, daun salam, dan daun jeruk.

Nasi Tutug Oncom Nasi tutug oncom Sunda merupakan salah satu kuliner khas Jawa Barat yang paling sering kita jumpai di rumah makan Sunda. Kuliner ini dibuat dari dua bahan dasar utama, yakni nasi dan oncom. Oncom sendiri adalah kuliner fermentasi asal Sunda yang juga sangat populer. Nasi tutug oncom dibuat dengan cara yang sangat mudah, karena Anda hanya perlu mencampur nasi dengan oncom yang sudah dibakar sebelumnya.

Nasi Jamblang Nasi jamblang adalah salah satu makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Nasi jamblang berupa nasi yang dibungkus dengan daun jati dan sejumlah lauk pauk. Ada beberapa lauk pauk yang menjadi pilihan seperti sambal goreng, tahu sayur, paru, daging, perkedel, semur hati, sate kentang, telur dadar, semur ikan, telur goreng, ikan asin, tahu, tempe, dan lain-lain. Sejumlah menu menjadi khas nasi amblang, yaitu sambal goreng yang memiliki cabai merah sangat khas. Menu lainnya adalah cumi-cumi atau sotong berkuah kental yang dimasak dengan tintanya, sehingga masakan berwarna hitam.

Nasi Megono Megono adalah sebuah hidangan khas Jawa Tengah yang terbuat dari potongan nangka muda dengan perpaduan kelapa parut yang dibumbui sehingga menciptakan rasa gurih. Megono awalnya berasal dari Kabupaten Pekalongan di pesisir utara Jawa, kemudian berkembang di Kota Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung. Megono biasanya disajikan dengan nasi, mendoan, cumi masak hitam, telur balado, tempe orek, mentimun dan sambal.

Artikel

Artikel Terbaru